Rabu, 24 Agustus 2011

BAB IV METODE PENELITIAN

A. Jenis Penelitian


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memaparkan kondisi yang ada. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari studi dokumentasi Rumah Sakit Umum Daerah Dompu selama periode januari s.d desember 2010.


B. Lokasi dan waktu penelitian


Penelitian ini di laksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Dompu Nusa Tenggara Barat pada tanggal 06 s.d 11 Mei 2011.


C. Populasi dan Sampel


1. Populasi


Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh ibu hamil yang dilayani dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Dompu Nusa Tenggara Barat, dalam masa penelitian ini dengan jumlah seluruh ibu 1.079 orang pada periode januari s.d desember 2010.


2. Sampel

Sampel penelitian ini adalah semua ibu hamil yang mengalami preeklamsia yang tercatat dalam kohort ibu hamil di Rumah Sakit Umum Daerah Dompu Nusa Tenggara Barat, sebanyak 106 orang pada periode januari s.d desember 2010


3. Metode Penarikan Sampel



Metode penarikan sampel dilakukan secara porposive sampling yang berarti seluruh kejadian pre-eklamsia dari periode Januari s.d Desember 2010 diambil secara keseluruhan, yaitu sebanyak 106 orang.


D. Pengumpulan Data



Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari kohor ibu hamil di Rumah Sakit Umum Daerah Dompu selama masa periode Januari s.d Desember 2010 dengan menggunakan tehnik cek list.


E. Pengolahan Data dan Penyajian Data


Data yang diperoleh dikumpulkan dan diolah secara manual menggunakan kalkulator dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan persentase disertai penjelasan-penjelasan berdasarkan tujuan penelitian.


F. Analisa


Data dianalisis secara frekuensi dan persentase (p), dengan rumus Jumlah pengamatan (f) dibagi Jumlah sampel (n) dikali 100 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar